TINJAUAN PELAKSANAAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS CIPUTAT TIMUR TANGERANG SELATAN

Authors

  • Aringgi Al Pasya Darwis Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul.
  • Noor Yulia Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul.
  • Siswati Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul.
  • Lily Widjaya Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul.

DOI:

https://doi.org/10.53625/jirk.v1i10.1753

Keywords:

Pendaftaran Rawat Jalan

Abstract

Puskesmas adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya pada satu atau bagian wilayah kecamatan.” (Permenkes.RI 2016). Pendaftaran Rawat Jalan merupakan tempat pertama yang dikunjungi pasien atau keluarga pasien sebelum mendapatkan pelayanan kesehatan. Dalam pelayanan rawat jalan para petugas harus cekatan dalam melayani pasien lama maupun pasien baru. Tujuan penelitian Tinjauan Pelaksanaan Pendaftaran Rawat Jalan di Puskesmas Ciputat timur Tangerang selatan. Desain penelitian cross sectional dengan metode deskriptif melalui analisis kualitatif yaitu dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian adanya suatu hambatan dalam melakukan pendaftaran pasien, seperti koneksi internet yang terputus, pasien sering tidak membawa kartu identitas, dan minimnya SDM pada penyiapan berkas Rekam Medis. Saran sebaiknya ada petugas teknisi yang selalu sigap mengontrol koneksi pada saat jam pelayanan berlangsung dan penambahan petugas dengan kelulusan yang tepat pada pelayanan rawat jalan, terutama rekam medis

References

Christanti, Novi Dwi, And Rita Dian Pratiwi. 2016. “Analisis Penyebab Kegagalan Penggunaan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas ( Simpus ) Dalam Penerimaan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Adimulyo Kabupaten Kebumen” 1 (1): 13–21.

Febrianti Et Al. 2020. “Evaluasi Rekam Medis Elektronik Di Tempat Pendaftaran Pasien Gawat Darurat Dan Rawat Inap Rsud K.R.M.T Wongsonegoro Kota Semarang” 1 (4): 537–44.

Gemala, Hatta Rabiah. 2010. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan. Jakarta: Ui Press.

Kemenkes, Ri. 2019. “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2019,” 15–16.

Lily Widjaja, Adi Widodo, Nanda Aula Rumana. 2019. “Revitalisasi Sistem Registrasi Rawat Jalan Menuju Electronic Medical Record Di Klinik Khalifah Kabupaten Tangerang,” 82–89.

Mathar, Irmawati. 2017. Managemen Informasi Kesehatan. Madiun: Deepublish.

Mutaqin, Zenal, And Mimi Sumiati. 2019. “Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur Dalam Meningkatkan Pelayanan Rawat Jalan Pada Puskesmas Klangenan Kabupaten Cirebon” 1 (1): 111–32.

Noviana, Hendri . Sugiarsi. 2011. “Hubungan Mutu Pelayan Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Pku Muhammadiah Karanganyar.” Jurnal Kesehatan V (1): 90–106.

Permenkes.Ri. 2016. “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Thn 2016 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas” X: 1–21.

Puja Vikka Ristya & Arif Kurniadi. 2015. “Kepatuhan Petugas Tpprj Dalam Pelaksanaan Standar Prosedur Operasional Pendaftaran Pasien Bpjs Di Rs Pantiwilasa Dr.Cipto Kota Semarang Tahun 2015” X (3): 373–79.

Tuty N, Hadiwiyono. 2019. “Implementasi Kebijakan Standar Prosedur Operasional (Spo) Penulisan Nama Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat ….” Journal Of Medical Records And Health …, No. July: 70–80.

Downloads

Published

2022-03-25

Issue

Section

Articles